Sabtu, 21 Juni 2014
Hadits Shahih Al Bukhari
Tinggi Nabi Adam dan Semua Orang yang Masuk Surga adalah 60 Hasta
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Nabi Saw bersabda, “Dahulu
Allah mencipta Adam as yang tingginya enam puluh hasta (tangan kalian) kemudian
berfirman ; “pergilah kamu dan berilah salam kepada mereka para malaikat dan
dengarkanlah bagaimana mereka menjawab salam penghormatan kepadamu dan juga
salam penghormatan dari anak keturunanmu”. Maka Adam menyampaikan salam “assalamu
alaikum” (salam sejahtera untuk kalian). Mereka menjawab ; “as salammualaika wa
rahmatullah” (salam sejahtera dan rahmat Allah buat kamu). Mereka menambahkan
kalimat wa rahmatullah”. Nanti setiap orang yang masuk surga bentuknya seperti
Adam as dan manusia terus saja berkurang (tingginya) sampai sekarang”.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. : Nabi Saw bersabda, “rombongan
pertama yang masuk surga, rupa mereka seperti bentuk bulan saat purnama
kemudian diikuti oleh rombongan berikutnya yang rupanya bagaikan
bintang-bintang yang bercahaya di langit. Mereka tidak akan pernah membuang air
besar didalamnya, tidak kencing, tidak meludah dan tidak pula beringus. Sisir mereka
terbuat dari emas, keringat mereka seharum minyak misik dan tempat perapian
mereka terbuat dari kayu cendana yang sedemikian wangi. Istri-istri mereka
adalah bidadari yang dicipta secara bersamaan, bentuk (tingginya) seperti kakek
moyang mereka Adam as, yang tingginya enam puluh hasta yang menjulang ke
langit.”
Mukjizat Nabi Saw Memberi Makan 130 Orang Dengan Seekor Biri-biri
Diriwayatkan dari Abdur Rahman bin Abu Bakar : kami, seratus
tiga puluh orang, bersama Nabi Saw yang bertanya apakah kami masing-masing
memiliki makanan. Ada seorang lelaki yang memiliki tepung gandum yang dicampur
air untuk membuat adonan (roti). Kemudian seorang lelaki musrik bertubuh
jangkung dating menggiring biri-birinya. Nabi Saw bertanya kepadanya, “maukah
kamu jual biri-birimu kepada kami atau memberikannya sebagai hadiah?” ia
berkata, “akan ku jual kepadamu”. Nabi Saw membeli seekor biri-biri dan
menyembelihnya,
Diriwayatkan dari (Abdullah bin Umar r.a.) : Rasulullah Saw pernah bersabda, “seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak menindasnya, dan tidak menyerahkannya (ke tangan penindas). siapapun yang mencukupi kebutuhan saudaranya (sesama muslim), Allah akan mencukupkan kebutuhannya; siapapun yang membantu kesulitan seorang muslim, Allah akan membantu kesulitannya pada hari kiamat; dan siapa yang menutupi aib seorang muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat."
Menolong Penindas
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a. : Rasulullah Saw pernah bersabda, “tolonglah saudaramu, apakah ia seorang penindas atau tertindas", orang-orang bertanya, "ya Rasulullah ! telah menjadi kewajiban kami menolong yang tertindas, tetapi bagaimana mungkin kami menolong penindas?" Nabi Saw bersabda, "(tolong dia) dengan mencegahnya menindas orang lain".
Laknat Allah untuk Orang Zalim
Diriwayatkan dari Ibn Umar r.a. : aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Allah akan mendekatkan orang beriman kepada-Nya dan akan menaungi dengan naungan-Nya. lalu Dia bertanya kepadanya, 'kamu pernah berbuat dosa ini dan ini?' ia akan berkata, 'benar Tuhanku'. Allah akan terus bertanya kepadanya hingga ia mengakui semua dosa yang pernah diperbuatnya dan berpikir bahwa dirinya akan binasa. Allah akan berkata, 'Aku telah menaungi (menyembunyikan) dosa-dosamu di dunia, dan sekarang Aku akan memberi ampunan'. kemudian kepadanya diberikan buku catatan perbuatan (amal) baiknya. sedangkan orang-orang kafir dan munafik (dosa-dosa mereka akan dibicarakan terbuka), dan para saksi akan berkata, 'inilah orang-orang yang berdusta dengan menentang Tuhan mereka'. ingatlah, laknat Allah menimpa orang-orang zalim (Qs. Hud:18)'" lalu memerintahkan membakar hati dan ususnya. Demi Allah, Nabi Saw memberikannya kepada seratus tig puluh orang (dari biri-biri yang disembelih itu); Nabi Saw member semua orang yang hadir pada waktu itu dan menyimpan bagian orang yang tidak hadir disana. Kemudian Nabi Saw menyimpan daging bir i- biri itu didalam dua baskom besar dan mereka semua makan hingga kenyang, dan bahkan setelah itu masih banyak daging tersisa di dalam baskom. Kemudian kami membawanya di atas unta itu, atau seperti yang ia katakan.
Tentang Penindas / Zalim
Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnyaDiriwayatkan dari (Abdullah bin Umar r.a.) : Rasulullah Saw pernah bersabda, “seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak menindasnya, dan tidak menyerahkannya (ke tangan penindas). siapapun yang mencukupi kebutuhan saudaranya (sesama muslim), Allah akan mencukupkan kebutuhannya; siapapun yang membantu kesulitan seorang muslim, Allah akan membantu kesulitannya pada hari kiamat; dan siapa yang menutupi aib seorang muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat."
Menolong Penindas
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a. : Rasulullah Saw pernah bersabda, “tolonglah saudaramu, apakah ia seorang penindas atau tertindas", orang-orang bertanya, "ya Rasulullah ! telah menjadi kewajiban kami menolong yang tertindas, tetapi bagaimana mungkin kami menolong penindas?" Nabi Saw bersabda, "(tolong dia) dengan mencegahnya menindas orang lain".
Laknat Allah untuk Orang Zalim
Diriwayatkan dari Ibn Umar r.a. : aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, “Allah akan mendekatkan orang beriman kepada-Nya dan akan menaungi dengan naungan-Nya. lalu Dia bertanya kepadanya, 'kamu pernah berbuat dosa ini dan ini?' ia akan berkata, 'benar Tuhanku'. Allah akan terus bertanya kepadanya hingga ia mengakui semua dosa yang pernah diperbuatnya dan berpikir bahwa dirinya akan binasa. Allah akan berkata, 'Aku telah menaungi (menyembunyikan) dosa-dosamu di dunia, dan sekarang Aku akan memberi ampunan'. kemudian kepadanya diberikan buku catatan perbuatan (amal) baiknya. sedangkan orang-orang kafir dan munafik (dosa-dosa mereka akan dibicarakan terbuka), dan para saksi akan berkata, 'inilah orang-orang yang berdusta dengan menentang Tuhan mereka'. ingatlah, laknat Allah menimpa orang-orang zalim (Qs. Hud:18)'" lalu memerintahkan membakar hati dan ususnya. Demi Allah, Nabi Saw memberikannya kepada seratus tig puluh orang (dari biri-biri yang disembelih itu); Nabi Saw member semua orang yang hadir pada waktu itu dan menyimpan bagian orang yang tidak hadir disana. Kemudian Nabi Saw menyimpan daging bir i- biri itu didalam dua baskom besar dan mereka semua makan hingga kenyang, dan bahkan setelah itu masih banyak daging tersisa di dalam baskom. Kemudian kami membawanya di atas unta itu, atau seperti yang ia katakan.
50 FAKTA ANIME
50 FAKTA ANIME
1. Tokoh utama anime selalu konyol. Ex. Naruto, Sena, Natsu.
18. Industri anime brawal pda tahun 1915. Udh lama jg ya?
32. Paradigma anime = hanya untuk anak-anak saja. Padahal penggemar
anime kebanyakan adalah remaja dan dewasa. Tentu jika stasiun TV masih
menganggap bahwa anime hanyalah untuk anak-anak, mereka akan berpikir
bahwa anime tidak akan laku di Indonesia karena sekarang kebanyakan
anak-anak lebih suka menonton sinetron daripada anime.
adm_kabuto
1. Tokoh utama anime selalu konyol. Ex. Naruto, Sena, Natsu.
2. Rival tokoh utama anime selalu kelihatan cool & kuat, ex. Sasuke, ulquiorra dkk.
3. Anime jepang kebanyakan fiksi yg tidak masuk akal, tapi dg segala penjelasan karakter tokoh smua.a bisa jdi seperti nyata.
4. Anime2 skarang kbanyakan terinfluence dr serial anime dragon ball yg telah sukses.
5. Anime trpopuler saat ini adalah Naruto, sampe2 The Rev (R.I.P)
drumer a7x mengikuti style rambut salah satu tokoh rival naruto (sasuke
uchiha).
6. Ikebukuro, kota surganya pencinta anime.
7. Anime tdak slalu menceritakan pertarungan, ada yg jahat atau baik.
Tp anime jg tontonan keluarga yg menyuguhkan cerita yg lucu2 & menarik untuk d tonton. Ex. Bakabon, doraemon, shincan.
8. Tokoh2 anime biasanya punya kemiripan.
Walaupun beda judul, tp selalu sja ada yg mirip.
Dr segi karakter maupun mimik muka.
Ex. Hitsugaya (bleach) & Riku (ES21).
9. Rambut anime berstyle harajuku.
10. Ciri khas anime jepang, brgambar 2D, wlaupn skrg udh ada yg 3D.
11. Ost. Anime jepang selalu enak untuk di dengar.
12. Anime juga menyuguhkan teka teki, misteri yg menarik. Ex. Detectiv Conan, Detectiv School.
13. Anime kbanyakan menceritakan pertarungan dmna sp yg kuat dia yg menang.
Tp tidak hanya kuat dlm segi fisik sja. Mental ingin melindungi yg
lemah & dukungan dr tman2 tkoh utama lah yg membuat tkoh utma mnjadi
kuat.
14. Anime yg wajib d tonton & anime trbaik versi w, ES
21, Naruto, Initial D, Bleach, Death Note, Air Gear, Fairy Tail,
Inuyasha, Samurai X, Dragon Ball dll.
Pko.a keren2 anime jepang mah.
Hehe
15. Di Anime kbanyakan, suka beda dlm penggambaran tokohnya dengan versi manga.a..
Ex. Kaitana Riku, kalo d anime.a dia mirip Toshiro Hitsugaya, tp pas d manga.a, boro2 mirip.
Beda banget.
Jalan cerita.a jg kadang beda.
16. Fairy Tail, anime yg paling konyol.
Tokoh2nya jg bnyak kmiripan d anime2 lain.
Kya.a tokoh2.a campuran dr smua anime.
17. Dalam anime tidak hanya terkandung unsur narasi, tp jg ada
penggambaran karakter, humor, emosi & psikologi yg lebih serta jalan
cerita yg komplek.
18. Industri anime brawal pda tahun 1915. Udh lama jg ya?
Gw ja belum lahir.
Hehe
19. Anime kerap menggunakan karakter2 non-
jepang yg trlihat sprti org barat dg penampilan pirang. Tp tetap sja d kategorikan sbg style anime.
Aneh jg.
20. Nih lebih aneh, anime walaupn telah trpengaruh secara luar biasa dr
budaya global, tp tetap sja d golongkan produk original jepang.
Knp ya?
Maksa keun pisan.
Hehe
21. Anime pertama yg populer secara global adalah anime ASTRO BOY karya Ozamu Tezuka pda tahun 1963.
Msh inget kn ma anime astro boy, dlu d tayangkn d RCTI.
Hehee
22. Masyarakt jepang sngt antusias menonton anime. Tidak hanya anak2, tp orang dwasa jg.
Merka mnganggap anime sbagaian dr hidup mrka.
Di indo mh, yg dwasa teh pasti nonton.a sinetron wae.
Hehe
23. Anime tdk lg mempunyai nilai artistik, krna anime skrg d buat dg teknologi CG, Visual & komp.
Bkan manual, sprti dahulu.
24. Ciri2 khas anime bnyak di tiru oleh negara korea & beberapa negara asia lainnya.
Di indo jg ada acara tv Anima, ska d tyangn d MNC Tv, indo plagiat jg dong?
25. Animator gaji.a kecil,. Hmm kasihan.
Pdhal susah banget bikin karakter anime teh. Aq ge bikin tokoh anime ga bisa2 wae.
Hehe
Ga sbanding atuh?
26. Tokoh antagonis banyak yg d kagumi, ex. Sasuke, ulquiorra, akaba, yamato, itachi dkk.
Kasihan tokoh utamanya ga bgtu d minati, knp ya?
Lagian tokoh antagonis.a keren2 ci.
hehe
27. Rata2 tokoh cewe yg ada di anime, sering d tampilkan sbagai cewe yg cantik2 n perfect.
Ex. Mamori, sakura, innoue.
So beautiful, tp syang.a cuma anime.
Hehe
28. Tahun 2009 ada anime jepang yg menceritakan gempa bumi, judul.a Tokyo Magnitude 8,0.
Eh bener ja, kejadian gempa d jepang. Entah kebetulan atau apa ya?
29. Mata tokoh2 anime punya karakter trsendiri yg ciri khas c tokoh.
Ex. Mata.a c hiruma yg kya mata setan, mata c sasuke yg saringan, dll.
30. Di anime ada jg tokoh orochimaru (naruto) yg punya kmiripan sama voldemort (harrpot).
31. Age rating anime Jepang saat ini kebanyakan adalah 13+ dan 15+
bahkan 17+. Maksudnya adalah, anime saat ini kebanyakan mengandung unsur
ecchi (agak-agak porno) dan violence (kekerasan). Sedangkan LSI
(Lembaga Sensor Indonesia) makin ketat dalam menyensor adegan porno dan
kekerasan. Hal ini membuat animasi Jepang semakin sulit untuk tayang di
Indonesia. Sebagai contoh One Piece yang sudah di cut di Indonesia.
32. Paradigma anime = hanya untuk anak-anak saja. Padahal penggemar
anime kebanyakan adalah remaja dan dewasa. Tentu jika stasiun TV masih
menganggap bahwa anime hanyalah untuk anak-anak, mereka akan berpikir
bahwa anime tidak akan laku di Indonesia karena sekarang kebanyakan
anak-anak lebih suka menonton sinetron daripada anime.
33. Income
dari iklan sangat kecil. Seperti halnya di nomer 2, beberapa peng-iklan
menganggap anime tidak laku di Indonesia. Ada juga beberapa peng-iklan
tidak mengerti siapa yang akan menjadi target produknya jika mengiklan
di tayangan anime tersebut. Kebanyakan pada saat ada tayangan anime di
TV, jeda iklan hanya sebentar, atau slot iklan lebih banyak diisi oleh
promo acara stasiun TV tersebut daripada iklan komersial. Jika iklan
yang masuk hanya sedikit maka biaya untuk siar saja mungkin tidak cukup.
34. Biaya bertambah justru mengurangi kualitas dan originalitas. jangan
lupakan biaya untuk dubber, dan opening+ending song yang dibuat versi
Indonesianya. Padahal para penggemar anime lebih suka jika tidak di
dubbing suara bahasa Indonesia, mereka menganggap dubbing Indonesia
hanya membuat kualitas anime tersebut menurun dan hilang keasliannya.
Ditambah lagi suara dubber Indonesia tidak mirip dengan suara dubber
Jepangnya, dan juga Dubber Indonesia orangnya itu-itu saja. Para
penggemar anime mungkin lebih suka jika memakai subtitle saja.
35.
Walaupun anime tayang di stasiun TV Indonesia, biasanya tidak sampai
tamat. Entah hal apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Mungkin pihak
akuisisi tidak mampu membeli full episode dari awal sampai tamat. Jadi
mereka hanya membeli beberapa episode. Kembali lagi, hal ini disebabkan
oleh iklan yang masuk sangat sedikit.
36. Kualitas tayangan-tayangan
di Indonesia Semakin Menurun. Bagi saya selaku mahasiswa jurusan
Broadcasting, sangat menyayangkan hal ini. Stasiun TV hanya menyajikan
tayangan-tayangan hiburan yang low budget sehingga melupakan tentang
kualitas. Tetapi yang lebih disayangkan lagi, audience atau pemirsa bisa
dan mudah terpengaruh oleh acara atau tayangan-tayangan tersebut.
Mungkin hal ini menguntungkan bagi pihak stasiun TV, tetapi sebenarnya
walaupun audience terhibur, hal ini justru merugikan audience karena
mereka menjadi terbiasa menonton tayangan ringan, tidak berbobot dan
tidak mendidik. Tentu jika dilihat dari problem ini, stasiun TV akan
lebih memilih menayangkan "tayangan tidak berkualitasnya" karena lebih
menguntungkan dari segi financial daripada menayangkan anime yang bisa
merugikan mereka. Satu hal yang sangat ironis, selama saya kuliah di
jurusan broadcasting, saya diajarkan bahwa "jika ingin menjadi produser
suatu program televisi, kita harus memahami dan mengikuti apa yang
diinginkan audience". Tapi kenyataannya, audience lah yang akhirnya
mengikuti
37. Aoyama Gosho menikahi Conan Edogawa dan Eiichiro Oda
menikahi Nami. Maksudnya, Aoyama menikahi pengisi suara (seiyuu) Conan
yaitu Minami Takayama dari Two Mix. Dan Eiichiro Oda menikahi model
pemeran Nami di suatu event yang menampilkan kru Onepiece live action.
38. Nama Imperial Guard di RAVE namanya adalah pemeran James Bond .
Lazenby (George Lazenby), Dalton (Timothy Dalton), Brosnan (Pierce Brosnan), Connery (Sean COnnery)
39. manghwa Western shotgun tokohnya adalah nama2 penyanyi amerika.
jack black, sting, cheryl crow, valentine, muse, curose, dll
40. pemimpin kelompok bajak laut blackbeard di manga ONE PIECE adalah
Marshal D Teach. Sedangkan rivalnya White Beard dipimpin oleh Edward
NewGate.Sedangkan dalam sejarah, tercatat BlackBeard adalah julukan
bajak laut inggris yang bernama Edward Teach yang merajai lautan karibia
ditahun 1870
41. Coba perhatikan rok officer Jenny (versi amrik)
saat di “Pokemon the Movie: Destiny Deoxys”. Jadi lebih panjang sampe ke
bawah lutut.
Padahal dulu polwan ini selalu memakai rok mini yg
seksi. Dan tokoh2 di anime Pokemon memang terkenal dengan outfitnya yg
seksi2 walau Pokemon lebih cenderung ke anime anak kecil. Mungkin banyak
yg protes kali ya, makanya diubah.
42. Dalam game DOTA (Defense of the Ancients) Allstars (versi lain dari Warcraft 3), banyak nama2 tokoh anime yg dipakai:
- Pedang yg dibeli di recipe shop 3 bernama Sange dan Yasha. Mungkin berasal dari Sango dan Inuyasha.
- Nama tokoh yg berprofesi sebagai ‘slayer’ di pihak sentinel bernama Lina Inverse (dari anime slayer).
- Ada tokoh guardian Yuna di game FFX yg dipake jadi karakter Hero di game ini. (gw lupa namanya).
- Rikimaru sang Silent Assasin berasal dari game Tenchu, the stealth assasin.
43. Masakan “Tahu Mapo” yg anda baca di volume pertama komik Master
Cooking Boy bisa anda beli di Obiku Oriental Cuisine, di foodcourt2 Mall
tertentu.
44. Anime Popolocrois pernah masuk Anime terjelek versi pembaca majalah Animonster.
45. Subtitle untuk anime Onepiece versi mandarin (atau Malaysia) mengubah nama2 kru Onepiece menjadi begini:
- Luffy = Roof (atap?)
- Ussop = CrookBoo (penjahat kentut?)
- Nami = Namy (bernama?)
- Sanji = Sunkist (jeruk?)
- Nico Robin = Nicole Robin (siapanya Nicole Kidman?)
- Chopper = (lupa jadi apa, kalo gak salah, tetep)
- Roronoa Zoro = Roronoah Suron
46. Tokoh2 di Gundam Seed dan Gundam Seed Destiny wajahnya sama semua, yang membedakan mereka hanya rambuatnya doang.
47. Ngomong2 soal Adachi Mitsuru. Ada sebuah fact kalo doi ini orangnya
males banget dan jago ngibulin editor komiknya dengan mengisi halaman
dan panel2 yg kosong dengan gambar2 pemandangan (yg beberapa malah cuma
copy paste) untuk memenuhi tenggat (deadline) komik mingguan.
Ya jadi bayangin aja kalo fans komiknya dia udah nungguin chapter baru keluar, pas keluar eh malah gambar2 pemandangan doang.
Gambar2 cewek2 seksi juga salahsatu akal bulusnya dia buat mengisi space kosong.
48. waktu InuYasha mulai diputar (November 1996), salah 1 yang paling banyak dibicarain = panjang rok Kagome
49. Aoyama Gosho sering menampilkan pasangan yg jomplang dalam komik buatannya.
- Yaiba sama Sayaka lebih tua Sayaka.
- Conan sama Ran sebetulnya seumur tapi Conan berwujud anak kecil.
- Dalam komik kumpulan cerita Aoyama, ada pasangan detektif yg kecil seukuran liliput dengan seorang wanita normal.
14. Nama Yamato dari Kira Yamato di anime G.Seed dan G.S. Destiny
berasal dari Sejarah Jepang,yaitu,Yamato Period..sedangkan nama
depannya,yaitu Kira,bisa diartikan sebagai “Killer” -cara penamaan ini
juga ada di anime death note-,arti tersebut bisa berbeda jika ditulis
dalam huruf katakana,yang bisa diartikan Great Peace….jadi..nama Kira
Yamato harus ditulis dalam Katakana,tidak dalam Kanji atau Hiragana….
Arti dalam Kanji/Hiragana : Kira Yamato : Killer from Yamato/Nama jepang di zaman dahulu…
Arti dalam Katakana : Kira Yamato : Great peace from Yamato
50. Nama Shinn dari Shinn Asuka lagi2 dr G.S.Destiny..bisa berarti “Bunuh”/”Kematia
adm_kabuto
Pakta Utramen

Seluruhnya terdiri
dari 39 episode, serial ini pertama kali ditayangkan di jaringan
televisi TBS, Jepang dari 17 Juli 1966 hingga 9 April 1967. Ultraman
diciptakan oleh Eiji Tsuburaya dari Tsuburaya Productions, seorang
pelopor efek khusus.Pertama tayang 17 Juli 1966 – 9 April 1967
Eiji Tsuburaya

Data dan Jurus Ultraman
Tinggi : 40 meter
Berat 35.000 ton
Umur : 20.000 tahun (menurut perhitungan kalender bumi)
Kecepatan terbang : Mach 5 (5 kali kecepatan suara)
Kecepatan lari : 700 km/jam
Sinopsis

Menghadapi banyak
monster yang kuat ultraman dilengkapi dengan banyak jurus.Jurus tersebut
digunakan dengan berbagai macam variasi gerakan.Berikut ini jurus yang
biasa digunakan oleh ultraman :
Spectrum Ray
Senjata trademark dengan menyilangkan tangan kanan secara horizontal dan tangan kiri secara vertikal.
Ultra Slash
Cincin sinar yang mampu memotong benda apa saja
Attack Beam
Sinar dikeluarkan dari pukulannya
Ultra See-through Beam
Sinar yang mampu melihat benda-benda yang tidak kelihatan, seperti kapal induk Alien Baltan yang bersembunyi
Ultra Air Attack
Sinar anti gravitasi
Ultra Water Stream
Sebuah pancaran air dari tangan untuk memadamkan api
Teleportion
Mampu berpindah secara seketika ke berbagai tempat di galaksi.


Dalam serial
ultraman terdapat banyak sekali jenis ultraman yang ada,tapi tidak semua
ditampilkan dalam serial filmnya,dan inilah nama-nama keluarga besar
ultraman tersebut :
- Ultraman King
- Ultraman
- Ultraman Zoffy
- Ultraseven
- Ultraman Jack
- Ultraman Ace
- Ultra Father
- Ultraman Taro
- Ultra Mother
- Ultraman Leo
- Ultraman Astra
- Ultraman Joe/Jonias
- Ultraman Chuck
- Ultrawoman Beth
Ultraman
termasuk pahlawan yang bertanggungjawab dan peduli lingkungan.Buktinya
setelah berhasil mengalahkan monster,bangkai monsternya selalu dibuang
keluar bumi agar tidak mengotori bumi dan menimbulkan bau yang tidak
sedap dibumi.
- Ultraman Scott
- Ultraman 80
- Ultra Yullian
- Ultraman Great
- Ultraman Powered
- Ultraman Neos
- Ultraseven 21
- Ultraman Zearth
- Ultraman Tiga
- Ultraman Dyna
- Ultraman Gaia
- Ultraman Agul
- Ultraman Nice
- Ultraman Cosmos
- Ultraman Justice
- Ultraman Legend
- Ultraman Boy
- Ultraman Noa
- Ultraman Nexus
- Ultraman "The Next"
- Ultraman Millennium
- Ultraman Elite
- Ultraman Max
- Ultraman Mebius
- Ultraman Zero


Puisi Soneta
PUISI Soneta
Soneta adalah bentuk kesusasteraan Italia yang lahir sejak kira-kira pertengahan abad ke-13 di kota Florance.
- Ciri-ciri Soneta :
a. Terdiri atas 14 baris
b. Terdiri atas 4 bait, yang terdiri atas 2 quatrain dan 2 terzina
c. Dua quatrain merupakan sampiran dan merupakan satu kesatuan yang disebut octav.
d. Dua terzina merupakan isi dan merupakan satu kesatuan yang disebut isi yang disebut sextet.
e. Bagian sampiran biasanya berupa gambaran alam
f. Sextet berisi curahan atau jawaban atau kesimpulan daripada apa yang dilukiskan dalam ocvtav , jadi sifatnya subyektif.
g. Peralihan dari octav ke sextet disebut volta
h. Penambahan baris pada soneta disebut koda.
i. Jumlah suku kata dalam tiap-tiap baris biasanya antara 9 – 14 suku kata
j. Rima akhirnya adalah a – b – b – a, a – b – b – a, c – d – c, d – c – d
Contoh :
Gembala
Perasaan siapa ta ‘kan nyala ( a )
Melihat anak berelagu dendang ( b )
Seorang saja di tengah padang ( b )
Tiada berbaju buka kepala ( a )
Beginilah nasib anak gembala ( a )
Berteduh di bawah kayu nan rindang ( b )
Semenjak pagi meninggalkan kandang ( b )
Pulang ke rumah di senja kala ( a )
Jauh sedikit sesayup sampai ( a )
Terdengar olehku bunyi serunai ( a )
Melagukan alam nan molek permai ( a )
Wahai gembala di segara hijau ( c )
Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau ( c )
Maulah aku menurutkan dikau ( c )
(Muhammad Yamin)
- Fungsi Soneta
Pada masa lahirnya, Soneta dipergunakan sebagai alat untuk menyatakan curahan hati.
Kini tidak terbatas pada curahan hati semata-mata, melainkan perasaan-perasaan yang lebih luas seperti :
1. Pernyataan rindu pada tanah air
2. Pergerakan kemajuan kebudayaan
3. Ilham sukma
4. Perasaan keagamaan
Faktor-faktor Soneta digemari oleh para Pujangga Baru antara lain :
1. Adanya penyesuaian dengan bentuk pantun ; yakni Octav dalam Soneta
yang bersifat obyektif itu hampir sejalan dengan sampiran pada pantun.
Sedangkan sextet Soneta yang sifatnya subyektif itu merupakan isi pantun.
2. Baris-baris Soneta yang berjumlah 14 buah itu cukup untuk menyatakan perasaan atau curahan hati penyairnya.
3. Soneta dapat dipakai untuk menyatakan beraneka ragam perasaan atau curahan hati penyairnya.
- Persamaan Soneta dan Pantun
Pantun dan Soneta sama-sama mempunyai sampiran atau pengantar dan isi atau kesimpulan.
- Perbedaan Soneta dan Pantun
a. Soneta puisi asli Italia, Pantun puisi asli Melayu
b. Satu bait Soneta terdiri terdiri dari 14 baris, satu bait Pantun terdiri atas 4 baris
c. Soneta berima bebas, pantun berima a-b-a-b
PERANG KAMEN RIDER DAN DAI SHOCKER Gel-Shocker MUSUH ABADI RAIDER
DAI SHOCKER
Dai SHOCKER adalah Musuh abadi para Raider Dai SHOCKER pernah muncul dalam.Kamen Rider Icigo Dan Nigo Dan beberapa kamen rider yang lain.dan Dai SHOckER adalah gabungan dari beberapa musuh musuh kamen rider. mengusai Dunia dalam kegelapan .
Kamen Rider adalah cerita mengenai super hero produksi TOEI (perusahaan
film yang bergerak dibidang super hero) yang berasal dari Jepang. Kamen
berarti topeng, dan rider berarti pengendara. Jadi secara umum kamen
rider adalah pengendara bertopeng. Secara khususnya, kamen rider adalah
seseorang yang memiliki kekuatan untuk merubah dirinya menjadi super
hero yang bertopeng dan berarmor yang juga memiliki kekuatan luar biasa.
Kendaraan umum kamen rider adalah motor, tapi ada juga beberapa yang
selain motor.
PERANG TERJADi
Dai SHOCKER adalah Musuh abadi para Raider Dai SHOCKER pernah muncul dalam.Kamen Rider Icigo Dan Nigo Dan beberapa kamen rider yang lain.dan Dai SHOckER adalah gabungan dari beberapa musuh musuh kamen rider. mengusai Dunia dalam kegelapan .
KAMEN RIDER
Kamen Rider adalah cerita mengenai super hero produksi TOEI (perusahaan
film yang bergerak dibidang super hero) yang berasal dari Jepang. Kamen
berarti topeng, dan rider berarti pengendara. Jadi secara umum kamen
rider adalah pengendara bertopeng. Secara khususnya, kamen rider adalah
seseorang yang memiliki kekuatan untuk merubah dirinya menjadi super
hero yang bertopeng dan berarmor yang juga memiliki kekuatan luar biasa.
Kendaraan umum kamen rider adalah motor, tapi ada juga beberapa yang
selain motor.
Kamen Rider memiliki beragam bentuk dan jenis. Ada manusia, Cyborg
(manusia setengah robot), 100% robot, manusia setengah monster, bahkan
ada yang 100% monster. Kamen rider ada yang protagonis & antagonis.
Seri-seri kamen rider ada banyak, ada yang berhubungan dan ada yang
tidak. Seri kamen rider dibuat pertama kali pada tahun 1971, hingga saat
ini seri kamen rider terus bermunculan.
PERANG TERJADiPada pada akhir Perang terjadi Setealah Berapa puluh tahun kemudian dan kamen rader di bantu oleh oleh seorang pemuda yang bernama Tsukasa Kadoya iya dulunya aDALAH pinpin dai shocer yang hilang ingatan dan dalam suatu certa ingtan dia pulih dan menghancurkan kamen rider dalam pertempuran para raider dan dia berubah menjadi kAMEN RIDER Decade.aKAN Tetapi mersa di hiyanati akhir iya memutuskan untuk membantu para rader.Dan memusnahkan dai shocker.Dan sewaktu ketika iya melawan kamen rider KUga Dunia Palarel Yang Di cuci otak oleh Adiknya sendiri yang menjadi Birawati Jahat dan bersama shdow mon akan tetapi iya kamen rider Kuga dunia pararel pun sadar begitu pula dengan adiknya dan kerika datang shdow moon dan shdow moon pernah mucul dalam kamen rider black dan kamen rider Black Rx iya bernama Nobuhiko Akizuki Sodara angkat dari katoro mitami yang menjadi kamen rider black dan rx iya karena tidak bisa kebur akhirnya iya menjadi anroid sedangkan katora miyami bisa kabur dari organisasi makhluk luar angkasa “Golgom.kETIKA MELAWAN sHDOW MOON. KAMEN RIDER DECADE DAN KUGA TERGESAH HINGGA AKHIRNYA DATANG .KAMEN RIDER DOBLE W DAN SHDOW MOON akhir di kalahkan akan tetapi datang musuh utamanya adalah master dengan Bantuan dari kamen rider J yang bisa jadi raksasa kamen decade dengan bantuan dari sahabatnya kamen rider Diend dan akhir berubah menjdi raksasa. dan curlah monter raksasa itu dan dunia raider kembali selamat
PENCAMPURAN BAHAN KIMIA
Campuran
Pencampuran Bahan Kimia (MIXING PROCESS)
PENCAMPURAN BAHAN KIMIA
A. MIXING (PENCAMPURAN)
1. Defenisi Pencampuran (mixing)
Pencampuran diartikan sebagai suatu proses menghimpun dan membaurkan bahan-bahan. Dalam hal ini diperlukan gaya mekanik untuk menggerakkan alat pencampur supaya pencampuran dapat berlangsung dengan baik
2. Tujuan pencampuran
- Menghasilkan campuran bahan dengan komposisi tertentu dan homogen
- Mempertahankan kondisi campuran selama proses kimia dan fisika agar tetap homogen, mempunyai luas permukaan kontak antar komponen yang besar, menghilangkan perbedaan konsentrasi dan perbedaan suu, mempertukarkan panas, mengeluarkan secara merata gas-gas dan uap-uap yang timbul
- Menghasilkan bahan setengah jadi agar mudah diolah pada proses selanjutnya atau menghasilkan produk akhir yang baik
Derajat pencampuran adalah ukuran tercampurnya dengan merata bahan-bahan yang ada dalam suatu campuran pada saat pembentukan campuran yang homogeny.
Derajat pencampuran dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain :
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencampuran
- Aliran
Aliran yang turbulen dan laju alir bahan yang tinggi basanya menguntungkan proses pencampuran. Sebalikanya aliran yang laminer dapat menggagalkan pencampuran
- Ukuran Partikel
Semakin luas permukaan kontak bahan-bahan yang harus dicampur, yang berarti semakin kecil partikel dan semakin mudah gerakannya didalam campuran, maka proses pencampuran akan semakin baik. Perbedaan ukuran yang besar dalam proses pencampuran akan menyulitkan dalam terciptanya derajat pencampuran yang tinggi.
- Kelarutan
Semakin besar kelarutan bahan-bahan yang akan dicampur pada pencampuran, maka akan semakin baik pencampurannya. Pada saat pelarutan terjadi, terjadi pula perstiwa difusi laju difusi dipercepat oleh adanya aliran. Kelarutan sebanding dengan kenaikan suhu, sehingga dapat dikatakan bahwa dengan naiknya suhu derajat pencampuran akan semakin baik pula.
- Viskositas campuran
- Jenis bahan yang dicampur
- Urutan pencampuran
- Suhu dan Tekanan (pada gas)
- Bahan tambahan pada pencampuran seperti emulgator.
4. Keadaan Agregasi pada pencampuran
Keadaan agregasi adalah bentuk penampilan materi yang dapat berupa gas, cairan atau padat. Sehubungan dengan itu campuran dapat memperlihatkan sifat-sifat yang sangat berbeda satu sama lain dan memerlukan persyaratan tertentu pada pemilihan alat pencampur.
5. Jenis – jenis campuran
Suatu campuran bahan kimia dapat mengikuti jenis-jenis berikut ini :
- Campuran heterogen
- Koloid
- Suspensi
- Larutan sejati atau campuran homogen
6. Pemilihan Alat Pencampur
Pemilihan alat pencampur didasarkan pada :
- Jenis bahan-bahan yang akan dicampur (keadaan agregasi, besarnya partikel,kerapatan bahan)
- Jenis campuran yang akan dibuat atau dihasilkan dari pencampuran
- Jumlah pencampuran
- Derajat pencampuran yang ingin dipakai
- Tujuan pencampuran yang diinginkan
- Sistem operasi dari pencampuran
Pencampuran padat-padat
Pada pencampuran padat-padat, pencampuran biasanya dilakukan setelah proses sizing dan grinding. Dalam hal ini alat penggiling dan alat pencampur dapat dijadikan satu dalam suatu alat yang lebih besar. Proses pemberian bentuk dan pengisian sering dirangkai sesudahnya. Pengecilan ukuran dimaksudkan agar derajat pencampuran yang dihasilkan lebih tinggi, dengan waktu pencampuran lebih singkat dan sistem pencampuran lebih sederhana dan mudah. Pada industri pencampuran bahan padat biasanya menggunakan alat pengguliran dengan bejana-bejana berkedudukan tetap tetapi mempunyai perlengkapan pencampur yang berputar.
Faktor-faktor yang tidak menguntungkan pada proses pencampuran diantaranya adalah :
- Kadar kelembaban yang tinggi di dalam bahan atau yang sangat berbeda diantara bahan dapat mengakibatkan penggumpalan. Bahan tidak lagi dapat ditaburkan tetapi melekat pada dinding bejana atau pada bagian pencampur lainnya, atau juga membentuk gumpalan-gumpalan yang ikut berputar.
- Muatan elektrostatik pada bahan juga dapat menyebabkan penggumpalan, khususnya pada partikel-partikel yang amat kecil (< 20µm) - Perbedaan mencolok dalam ukuran butir atau kerapatan bahan mempersulit pencampuran. Pola aliran yang kurang menguntungkan akan menyebabkan campuran terpisah kembali. - Ukuran butir yang sangat kecil mengakibatkan tahanan gesek yang tinggi sehingga waktu pencampuran semakin lama. - Fraksi volume terisi yang terlalu besar (>2/3 volume bejana) tidak memungkinkan pengguliran bahan secara intensif.
- Frekuensi putaran bejana atau alat pencampur yang terlalu tinggi mengakibatkan bahan hanya berputar dalam bentuk lingkaran saja. Gerakan yang diinginkan (misalnya gerakan jatuh) tidak tercapai.
Beberapa alat pencampur bahan padat-padat
a. Pencampur tromol
Pencampur ini berupa sebuah bejana silindris yang horizontal berputar pada sumbu panjangnya. Dengan putaran ini, bahan terangkat sepanjang bagian dalam dinding dan kemudian jatuh kembali.
Karena sebagian besar aliran berarah vertikal, diperlukan waktu campur yang lama. Pencampur tromol yang besar seringkali diberi bentuk kerucut pada penyangga saluran keluaran. Adapun persyaratan untuk pencampuran dengan menggunakan alat ini adalah derajat pencampuran yang dihasilkan haruslah tidak terlalu kental.
b. Pencampur Pusar
Pencampur ini berupa bejana silindris berputar mengelilingi suatu sumbu diagonal. Prinsip kerjanya adalah bahan diangkat dan kemudian dijatuhkan lagi kebawah. Pada saat jatuh bahan terdistribusi dan termampatkan. Pencampur jenis ini akan baik untuk memperoleh derajat pencampuran yang tinggi, tetapi proses yang berlangsung tidak efektif karena bahan yang dicampurkan harus dalam jumlah yang sedikit.
c. Pencampur kerucut
Berupa sebuah bejana dengan sebelah atau kedua belah sisi berbentuk kerucut berputar mengelilingi sumbu yang melintang. Prinsip kerja dan keuntungan pencampur ini sama seperti pencampur Pusar
d. Pencampur V
Berupa sebuah bejana dengan sebelah atau kedua belah sisinya berbentuk V berputar mengelilingi sumbu yang melintang. Sama seperti pencampur kerucut, pencampur ini tidak efesien digunakan dalam industri.
e. Pencampur Kocok (pencampur Turbula)
Berupa sebuah bejana yang dipasang pada sutu sistem pemegang, digoyangkan hingga memberikan gerakan kocok tiga dimensi. Dengan gerakan tersebu bahan mengalir kian kemari bercampur aduk. Pencampur ini digunakan untuk pencampuran < 1m3 yang cepat dan intensif.
f. Pencampur Pedal
Berupa sebuah bejana silindris yang mendatar yang didalamnya terdapat beberapa pedal yang dapat berputar pada sumbu horizontal. Pencampur jenis ini dapat mencampur bahan dalam jumlah yang relatif banyak.
g. Pencampur Spiral Ganda
Berupa bejana silindris mendatar yang didalamnya terdapat dua buah pita spiral yang mempunyai jari-jari berlawanan. Pita-pita jari-jari ini berputar secara horizontal dan bertikal secara bersamaan.
h. Pencampur spiral Planet (Pencampur Nauta)
Berupa bejana berbentuk kerucut yang didalamnya terdapat spiral yang dapat berputar dan menyusuri dinding bejana. Karena putaran spiral, bahan diangkat dan kemudian jatuh kembali kebawah mengikuti aliran spiral tersebut. Pencampur ini sesuai untuk digunakan dalam mencapur bahan dalam jumlah yang besar.
i. Pencampur Unggun Denyut
Berupa seuah bejana yang bagian atasnya berbentuk silinder dan bagian bawah berbentuk kerucut. Dibagian bawah terdapat cincin berongga yang dilengkapi dengan penyembur gas. Jadi bahan dipusarkan oleh aliran gas. Pencampur ini tidak begitu populer karena prinsip kerjanya yang rumit dan bahaya penggunaannya cukup besar.
Pencampuran Padat-Cair
Pembentukan bahan-bahan kimia umumnya memerlukan air dalam pencamprannya. Disini dapat terbentuk bahan padat yang lembab atau campuran yang sangat viskos seperti pasta atau adonan. Pada saat pencampuran bahan-bahan yang sangat viskos dibutuhkan gaya yang besar untuk memisah-misahkan bahan. Bagian bahan yang satu harus saling digesekkan dengan bahan yang lain, kemudian disatukan kembali. Proses ini dinamakan menguli. Untuk tujuan inilah dibuat suatu alat penguli yang memudahkan dalam proses pencampuran. Beberapaalat penguli umum yaitu :
a. Penguli Bak Ganda
Berupa sebuah bejana persegi yang mempunyai bagian bawah berbentuk sepasang setengah-silinder yang berdampingan. Didalamnya berputar dua perkakas campur yang terletak horizontal dan umumnya berbentuk seperti huruf Z. bahan secara terus menerus dicabik-cabik, ditekan ke dinding dan disatukan kembali oleh kedua perkakas tersebut.
b. Penguli Spiral
Satu atau dua perkakas campur yang biasanya berbentuk spiral berputar dalam rumah penguli yang horizontal dan panjang. Rumah dan spiral seringkali dilengkapi dengan komponen pengganggu berupa gigi-gigi, rusuk-rusuk, cakram-cakram penahan. Bahan yang bergerak maju dalam arah memanjang dicabik-cabik dan disatukan kembali oleh aliran balik dan gaya geser yang kuat.
c. Penguli Aduk
Didalam sebuah bejana vertikal yang berbrntuk silinder atau kerucut, bahan digilas dan diuli oleh satu atau dua perkakas campuryang mirip pengaduk. Pengaduk dapat dipasangkan di dalam bejana dari sebelah atas ataupun dari bawah, baik secara vertikal ataupun miring. Untuk menunjang proses pencampuran dan untuk membangkitkan efek gaya geser sering diperlukan perkakas pengikis atau perkakas pengganggu lainnya. Penguli aduk digunakan untuk mencampur dan menguli bahan dengan viskositas menengah.
d. Penguli Gilas
Sejumlah rol penggilas disusun sejajar dalam jarak yang dekat satu sama lain. Rol-rol berputar dengan kecepatan yang berbeda, secara searah atau berlawanan. Bahan secata terus menerus di cabik-cabik oleh geseran antara roda dan kemudian disatukan kembali. Penguli ini terutama digunakan untuk mencampur bahan-bahan yang sangat lengket.
Pencampuran Padat-Gas
Pencampuran bahan padat dengan gas terjadi misalnya pada proses pengeringan, pemanggangan ataupun pembakaran bahan-bahan padat. Permukaan kontak bahan padat dengan gas selalu diusahakan seluas mungkin. Untuk maksud ini bahan padat dialiri, ditembus atau dihanyutkan oleh gas, disemprotkan atau difluidisasikan. Lat yang digunakan untuk tujuan ini seringkali dikenal dengan bejana unggun terfluidisasikan.
Pencampuran Cair-Padat
Pada persiapan atau pelaksaan proses kimia dan fisika serta juga pada pembuatan produk akhir komersial, seringkali cairan harus dicampur dengan bahan padat. Pencampuran cairan dengan padatan akan menghasilkan suspensi. Tetapi bila kelaruta padatan dalam cairan tersebut cukup besar akan terbentuk larutan.
Pelarutan adalah suatu proses mencampurkan bahan padat kedalam cairan. Pelarutan dan kelarutan bahan umumnya dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut yaitu :
- Luas permukaan bahan
- Konsentrasi
- Suhu
- Tekanan (khusus pada gas)
- Efek ion senama
- Efek ion asing
Metode yang paling sering digunakan untuk mencampur cairan dengan padatan adalah dengan menggerakkan cairan di dalam bejana secara turbulen. Gerakan turbulen dapat dihasilkan oleh pengaduk ataupun pencampur getar.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pencampuran Cair-Padat :
1. Bejana Pengaduk
Dalam industri kimia, bejana pengaduk merupakan tangki pengaduk ataupun autoklaf. Penggunaan bejana ini disesuaikan dengan maksud dan tujuan pencampuran. Misalnya untuk operasi kontinyu seringkali dipergunakan tanki pengaduk, sedangkan untuk maksud pencampuran bertekanan digunakan autoklaf.
Wadah pengaduk biasanya adalah berbentuk silinder terbuka atau tertutup sedikit sesuai jenis reaksi yang akan dilangsungkan. Kebanyakan dari wadah pengaduk dibuat dari bahan isolator ataupun semi konduktor.
Tangki pengaduk atau tanki reaksi biasanya didesain untuk melakukan reaksi-reaksi pada tekanan diatas tekanan atmosfir, namun seringkali juga digunakan untuk proses lain seperti pencampuran, pelarutan, penguapan, ekstraksi ataupun kristalisasi.untuk pertukaran panas, tanki biasanya dilengkapi dengan mantel ganda yang dilas atau disambung dengan flens, atau dilengkapi dengan kumparan berbentuk pipa yang di las. Untuk mencegah kerugian panas yang tidak dikehendaki, tanki dapat diisolasi.
Perlu diingat bahwa tanki pengaduk didesain sesuai dengan keperluan, misalnya untuk reaksi dalam beberapa sistem operasi (terisolasi, terbuka ataupun tertutup), proses kerja dan keperluan pengerjaan. Oleh karena itu kadangkala tangki dilengkapi dengan berbagai lubang khusus. Lubang-lubang khusus ini misalnya : sumbu pengaduk/penyekat, pipa penyuling, alat ukur pengendali, saluran pemasukan dsb.
Autoklaf adalah salah satu jenis bejana pengaduk yang dapat melangsungkan reaksi pada tekanan diatas 2 bar.
2. Pengaduk
Pengaduk berfungsi untuk menggerakkan bahan didalam bejana pengaduk yang digunakan. Alat pengaduk ini biasanya terdiri atas sumbu pengaduk dan sirip pengaduk yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Alat pengaduk dibuat dan didesain sesuai dengan keperluan pengadukan. Jenis pengaduk harus disesuaikan dengan faktor berikut ini yakni :
- Jenis dan ukuran pengaduk
- Jenis bejana pengaduk
- Jenis dan jumlah bahan yang dicampur
Pemilihan alat pengaduk dari sejumlah besar alat pengaduk yang ada hanya dapat dilakukan melalui percobaan dan pengalaman. Untuk masalah pencampuran yang tertentu dari bahan campur dan bejana pengaduk tertentu, pengaduk yang optimal biasanya hanya dapat dipilih melalui pengalaman saja.
Alat pengaduk yang paling sering digunakan untuk masalah pencampuran cairan dengan padatan ataupun untuk cairan dengan cairan antara lain adalah :
1. Alat pengaduk jangkar
Alat pengaduk ini terdiri dari sebuah batang yang dilengkungkan sehingga menyerupai sebuah jangkar. Kelengkungan disesuaikan dengan bentuk bejana pengaduk. Pengaduk jangkar memiliki diameter yang besar (misalnya 95% dari diameter bejana) dan berputar lambat. Bejana ini dapat digunakan untuk bahan-bahan yang sangat viskos atau bahan-bahan dengan berat spesifik yang tinggi seperti suspensi. Pengaduk ini memungkinkan terjadinya pertukaran panas, mencegah terjadinya pengendapatn atau pelekatan padatan pada dasar bejana. Pengaduk ini menghasilkan derajat pencampuran yang cukup besar.
2. Alat Pengaduk Bingkai
Pengaduk ini terdiri dari sebuah bingkai persegi atau dua buah lengan jangkar yang dipasang bersusun. Pengaduk ini mempunyai diameter 2/3 dari diameter bejana tersebut dan berputaran lambat.
3. Alat Pengaduk Palet
Pengaduk ini tersusun atas sebuah bingkai atau dua pelat yang dipasang bersusun. Bagian atasnya berbentuk persegi, bagian bawah terpotong miring sehingga sesuai denan bentuk bejana, memiliki diameter ½ kali diameter bejana.
4. Alat pengaduk Impeler
Pengaduk ini terdiri atas tiga daun yang melengkung. Biasanya daun tersebut agak bengkok keatas sehingga sesuai dengan bentu dasar bejana. Pengaduk impeler mempunyai diameter sebesar 2/3 hingga ½ dari diameter bejana dan frekuensi putarannya 100-200 rpm
Pengaduk impeler dibuat dari satu atau beberapa bagian. Karena pengaduk ini dapat dilapisi email dengan baik, alat ini seringkali digunakan dalam bejana pengaduk yang beremail. Bersama dengan perangkat penggerak yang dapat dikontrol, pengaduk impeler dapat dimanfaatkan secara serba guna, misalnya untuk melarutkan, mensuspensikan atau mengemulsikan padatan dalam cairan serta juga untuk reaksi-reaksi kimia dan proses-proses pertukaran panas.
5. Alat Pengaduk Propeler
Pengaduk ini terdiri atas sebuah propeler yang mirip dengan baling-baling pendorong kapal dengan dua atau tiga daun yang dipasang miring. Biasanya alat pengaduk propeler dibuat dalam dua bagian dan berputar dengan cepat.
Pengaduk propeler digunakan untuk mengaduk bahan dengan viskositas rendah (pada viskositas yang tinggi, biasanya bahan tidak dapat digerakkan oleh propeler).
6. Alat pengaduk Turbin
Jenis sederhana dari pengaduk ini terdiri atas sebuah cakram yang sisi bawahnya mempunyai beberapa sudu vertikal yang disususun secara radial. Pengaduk turbin lebih sering digunakan untuk bahan dengan viskositas yang rendah. Pengaduk ini seringkali disebut sebagai pengaduk serba guna karena dapat digunakan untuk berbagai jenis keperluan.
7. Pencampur Getar
Alat ini terdiri atas sebuah cakram mendatar dengan lubang-lubang yang berbentuk kerucut. Sebuah sumber getar elektromagnetik digantungkan dengan pegas pada kerangka alat. Elalui sebuah batang penghubung, cakram digetarkan vertical oleh sumber getar. Akibat getaran tersebut, bahan ditekan untuk melewati lubang-lubang cakram dari bawah ke atas atau sebaliknya. Dengan demikian terjadi suatu aliran vertical yang kuat di sekitar cakram, dan terjadi turbulensi yang tinggi dalam seluruh bahan.
Pencampur getar sesuai misalnya untuk membuat larutan, suspensi atau emulsi dengan viskositas yang rendah. Bejana yang dipakai seringkali terbuka, dengan ukuran yang kecil hingga sedang. Intensitas getaran-yang berarti juga derajat turbulensi- ummnya dapat diatur secara elektrik. Yang merugikan dari pencampur getar adalah kebisingan yang ditimbulkannya.
Pencampuran Cair-Cair
Tujuan pencampuran cair-cair adalah untuk mempersiapkan atau melangsungkan proses-proses kimia dan fisika serta juga untuk membuat produk akhir yang komersil. Beberapa contoh pencampuran cair-cair adalah pada pembuatan sirop, obat tetes dan larutan injeksi.
Metode yang paling sering digunakan untuk mencampur cairan dengan cairan ialah dengan metode turbulensi didalam bejana pengaduk atau dalam suatu pencampur getar. Metode lainnya adalah misalnya dengan menyampur dengan penyemprot, dengan pompa, dengan menghembuskan gas kedalam cairan atau dengan mesin pengecil ukuran.
1. Pencampuran dengan alat pengaduk dan pencampur getar
Untuk persoalan pencampuran yang sederhana seperti untuk membuat larutan sejati, dapat digunakan pengaduk dengan putaran lambat seperti pengaduk jangkar, pengaduk bingkai, pengaduk palet dan pengaduk impeler. Untuk membuat emulsi halus dapat dipergunakan alat pengaduk dengan putaran cepat seperti alat pengaduk propeler, pengaduk turbin, pengaduk cakram gigi, ataupun pengaduk palet.
2. Pencampuran dengan alat semprot
Pada instalansi-instalansi yang bekerja secara kontinyu, cairan-cairan yang dapat saling melarut seringkali tercampur dengan sendirinya di dalam saluran-saluran pipa. Akan tetapi karena pencampuran oleh turbulensi di dalam pipa tanpa adanya alat pendukung lain tidak begitu besar, cairan dengan volume yang lebih kecil seringkali dimasukkan bersama-sama cairan lain ke dalam pipa.
3. Pencampuran dengan Alat Pompa
Seringkali penggunaan pompa sentrifugal telah cukup untuk menanggulangi persoalan pencampuran yang sederhana. Pompa tersebut dipasang sebagai alat pendorong cairan pada saluran pipa. Untuk persoalan yang lebih sukar, efek pencampuran yang baik dapat dicapai dengan memutar bahan secara terus menerus secara sirkulasi. Bahan umumnya dihisap dari bejana campur dengan sebuah pompa sentrifugal dan disalurkan kembali.
Pencampuran Cair-Gas
Untuk proses kimia dan fisika tertentu gas harus dimasukkan kedalam cairan, artinya cairan dicampur secara sempurna dengan bahan-bahan berbentuk gas. Adapun contoh pencampuran cair-gas adalah pada proses hidrogenasi, chlorinasi dan fosfogenasi.
Metode yang paling sering dilakukan untuk mencampur cairan dengan gas adalah membuat gerakan turbulen di dalam bejana pengaduk dengan alat pengaduk atau dengan pencampur getar. Untuk hal-hal yang khusus misalnya pembuatan busa pemadam api, digunakan suatu injektor.
Pencampuran Gas-Padat
Pencampuran gas dengan bahan padat termasuk proses yang jarang dilakukan. Proses tersebut digunakan misalnya pada pengangkutan puing secara pneumatic, pada pembakaran serbuk pemadam api. Kebanyakan persoalannya adalah bagaimana mendistribusikan bahan padat itu secara merata kedalam gas yang mengalir kontinyu. Pada pencampuran gas dengan bahan padat akan terbentuk debu maupun asap.
Metode terpenting untuk mencampur gas dengan bahan padat adalah dengan menggunakan aat penakar bahan padat dan penyemburan dengan alat semprot.
Pencampuran Gas-Cair
Sama seperti pencampuran gas-padat, proses ini jarang dilakukan. Pencampuran ini misalnya digunakan pada alat pengering sembur, pembakaran minyak pada menara-menara linang (trickled tower). Persoalan dalam pencampuran ini umumnya ialah bagaimana mendistribusikan cairan secara merata kedalam gas yang mengalir kontinyu. Pada pencampuran gas dengan cairan akan terjadi tetesan ataupun kabut.
Pencampuran Gas-Gas
Pencampuran gas dengan gas lain terutama dilakukan pada pembuatan campuran bahan bakar yang berbentuk gas dalam alat pembakar dengangas (misalnya campuran bahan bakar – udara). Metode terpenting untuk mencampur gas dengan gas adalah pencampuran dengan alat semprot atau injektor.
B. AGLOMERASI
Aglomerasi dapat diartikan secara luas sebagai penyatuan partikel-partikel kecil yag berbentuk padat atau cair menjadi bagian-bagian yang lebih besar (aglomerat). Mengaglomerisasikan berarti memperbesar, jadi proses ini akan berlawanan dengan proses grinding.
Tujuan aglomerisasi diantaranya adalah menghasilkan aglomerat yg lebih baik dalam hal :
- Lebih mudah untuk diolah, ditakar dan diangkat
- Lebih mudah digunakan pada produk akhir
- Lebih mudah untuk digunakan dalam pengolahan selanjutnya
Pembentukan Aglomerat pada dasarnya terbentuk dari tiga cara yakni :
- Pembentukan bagian yang lebih besar (misalnya granula,pellet) dengan bantuan cairan ataupun zat-zat pengikat
- Pemampatan dengan tekanan untuk menghasilkan bongkahan yang mempunyai bentuk (misalnya briket, tablet). Pemampatan dilakukan dengan atau tanpa zat pengikat.
- Sintering (peleburan butiran padat, misalnya keramik atau logam yang berpori) dengan proses thermal.
Proses aglomerisasi terpenting yang terutama dilakukan adalah pada industri farmasi seperti pembuatan butiran (granulasi), pembuatan tablet dan pembuatan pil berlapis gula (drage). Proses-proses ini dimaksudkan untuk menghasilkan bentuk penyajian yang khusus bagi produk farmasi.
Langganan:
Postingan (Atom)